Bisnis Dahsyat tanpa modal

Jangan coba main-main dengan Meta, ntar dimarahin mamanya! biggrin


Meta yang ini bukan anak tetangga sebelah. Bukan pula meta tarsal, melainkan meta tag atau meta html. Jika kamu berani mengutak-atik meta tag di blog kamu, setidaknya kamu boleh berharap blog kamu mendapat peringkat yang lebih baik di search engine (ingat ya, ini bukan jaminan!)

Berhubung daku baru saja mempraktekan teknologi meta ini, maka dengan rasa pede yang luar biasa aku coba bikin artikelnya, berharap ada sedikit kebanggaan buat diriku mrgreen.

Apa sih Meta Tag itu?
Menurut kabar yang kuterima, meta tag itu merupakan kawanan rumus tag yang dapat menjelaskan deskripsi blog kamu. Yang ingin saya jelaskan disini hanya mencakup 3 hal saja yaitu: Judul blog, deskripsi blog dan kata kunci blog. Meta tag penting karena informasi yang dimunculkan oleh search engine seperti google, msn, yahoo etc adalah berdasarkan informasi meta yang ada di blog kamu.

Nah jika kamu sudah pernah mendaftarkan blog kamu ke search engine (kalau belum, caranya ada di sini), dalam waktu sekitar 2 minggu maka blog kamu sudah nongkrong di search engine. Masalahnya apakah muncul di halaman pertama, kedua atau 10 itu semua sangat tergantung pada kemauan si search engine tersebut. Jika misalnya blog kamu muncul di halaman 10 (syukur-syukur bukan halaman ke seratus sekian), apakah manusia-manusia dapat mencapai blog kamu hanya dari search engine? Tentu jarang banget ya, paling-paling kamu hanya memperoleh traffic dari direct link saja. Direct ini tentu saja kenalan kamu yang sudah hafal alamat blog kamu.

Nah dengan melakukan sedikit editing pada meta tag, semoga aja ada kenaikan peringkat, walaupun sebenarnya di blog manapun tanpa kamu mainkan meta tag-nya sudah disediakan meta tag sendiri secara default.

Caranya seperti ini:

Langkah pertama
Kamu perlu menambahkan 3 meta tag dalam template blog kamu yaitu: Title (atau judul), description (atau deskripsi) dan keyword (atau kata kunci). Htmlnya nantinya seperti ini:

<head>
<title> judul blog </title>
<meta name="description" content="keterangan blog"></meta>
<meta name="keywords" content="semua kata kunci dipisahkan dengan koma"></meta>
</head>

Ganti tulisan merah dengan:
Judul Blog: berisi judul blog yang kamu inginkan. Nantinya apa yang kamu tulis di sini akan tampil di reverse bar (bar yang paling atas di browser kamu). contohnya seperti ini:


Keterangan blog: Penjelasan singkat tentang blog kamu, biasanya di hasil pencarian oleh search engine, deskripsi ini akan muncul sebagian. Kalau kamu tidak menentukan keterangan ini, maka search engine akan menentukan sendiri dengan mencomot sedikit kalimat yang terlihat paling atas..so hati-hati kalau bagian teratas dari blog kamu adalah image.

Kata kunci blog:
isikan dengan sebanyak-banyaknya kata kunci, dan pisahkan dengan koma.

^^ Untuk sementara, buat dulu html di atas dengan notepad.

Langkah kedua
Edit template kamu yaitu tepatnya di Dashboard | Layout | Edit Html. Back up terlebih dahulu untuk antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Klik dan aktifkan Expand Widget Template, lalu klik CTRL bersamaan dengan F untuk memunculkan 'Find'.
Di find ketikan : <b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Lalu copy paste meta tag yang kamu buat tadi, tepat di atas kode tersebut.

Langkah Ketiga
Preview, jika tidak ada error kamu boleh lanjutkan denga langkah selanjutnya. Jika ada error, coba kamu cek lagi mungkin ada kesalahan atau kamu tidak mengcopy paste dengan benar kode html kamu.

Langkah Keempat
Save.

Notes
Alternatif selain meta tag di atas, bisa juga dibuat seperti ini:

<title>judul blog </title>
<meta content='keterangan' name='description'/>
<meta content='kata kunci dipisahkan dengan koma' name='keywords'/>

Jangan lupa untuk mengecek efek dari meta tag ini di search engine kira-kira 2 minggu kemudian. Diiringi doa dan harapan semoga robot google dan robot yahoo mengunjungi blog kamu secepatnya.

referensi: Kursus Blog, Search Engine Watch,

0 komentar