Bisnis Dahsyat tanpa modal

Setelah selesai membuat blog, langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya ke Mr. Google, Mr Yahoo dan search engine lainnya. Mengapa? Karena kalau tidak didaftarkan tidak akan ada seorang manusia pun yang tahu blog baru anda (hehehe..tidak sesadis itu sih). Kalau sudah didaftarkan keuntungannya blog kamu bisa muncul di halaman search Google, Yahoo, MSN dkk (seharusnya sih begitu). Kalau tidak muncul di halaman 1, berarti di halaman 2 atau kalau kurang beruntung munculnya bisa di halaman ke seratus sekian ribu :P

Cara mendaftar ke Google
Buka halaman pendaftaran URL ke Google. Lalu masukan alamat blog kamu, sertakan sedikit komentar tentang apa isi blog kamu, singkat padat dan jelas. Untuk membedakan kamu sebagai manusia dan bukan robot maka Google akan minta kamu untuk masukan kode rahasia yang terlihat (biasanya warna merah). Dalam waktu beberapa hari sampai minggu setelah itu, robot Google akan mengunjungi situs kamu.

Webmaster Tools
Untuk hasil yang lebih cepat, kamu bisa ikuti lagi langkah ini agar sedikit lebih cepat terindex. Namanya 'Webmasters Tools'. Ini alamatnya. Masukan alamat blog kamu lalu klik 'Add Site'. Kemudian klik 'Verified your site'. Choose method pilihlah yang paling gampang (kecuali kamu seneng dengan kerumitan) yaitu 'Add Meta Tag'. Kemudian copy meta tag yang muncul tersebut ke layout template blog kamu kemudian Save.

Setelah itu kembali lagi ke Webmaster Tools masih di menu 'Verify a Site' klik 'Verify'.

Membuat Sitemaps
Agar indeks-nya lebih mantap lagi maka kamu perlu membuat Sitemaps. Caranya begitu gampang. Masih di 'Webmaster Tools' klik menu 'Sitemaps'. Choose type pilih 'Add General Web Sitemap'. Lalu lengkapi My Sitemap URL dengan menambahkan atom.xml.
Jadi misalnya alamat blog yang kamu verifikasi adalah

http://paulawidiastuti.blogspot.com/
maka cukup tambahkan atom.xml sehingga menjadi
http://paulawidiastuti.blogspot.com/atom.xml

Setelah itu klik 'Add General Web Sitemap'

Baca manual ini dalam bahasa Inggris

0 komentar